Tentang Saya

Senin, 02 Januari 2017

Saat Antivirus Menghapus Virus Sistem Komputer Saya


Di hari senin yang menyenangkan tanggal 26 Desember tahun 2016, senin yang menyenangkan karena pada tanggal itu setiap tahunnya kita libur cuti bersama, hahaha :D. Di hari yang sama 12 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2004, Aceh dilanda gempa besar disusul dengan tsunami dahsyat. Di hari yang sama pula tahun ini, komputer saya -yah bisa dibilang laptop sih bukan komputer-, jeglek. Gimana yah bahasa indonesianya, hang mungkin ya? Yah begitulah, pokoknya laptop saya mati, ngedrop, hang, jeglek, gak mau hidup, dan lain-lain.

Awal kisah, kenapa laptop saya jadi seperti ini, begini ceritanya... Pagi itu saya tidak ada kerjaan, karena tentunya saya libur hari itu. Saya putuskan untuk menghidupkan laptop, buat nambah postingan blog saya biar tambah banyak. Seperti biasanya, sesaat setelah saya menghidupkan laptop muncul pemberitahuan mengenai aplikasi yang bernama "BM R*d**". Kenapa dikasih tanda bintang segala? Haha, biar saya gak kena tuntut dari yang punya hehe, bisa buat main tebak-tebak juga, ya kan?

Kembali ke masalah saya nih. Jadi, entah sejak kapan muncul pemberitahuan itu, rasa-rasanya setelah saya ngocek-ngocek aplikasi tersebut karena saya penasaran itu aplikasi apa. Jadilah begini, tiap saya menghidupkan laptop muncul terus pemberitahuannya. Di hari ini tiba-tiba Antivirus *VG memberitahu bahwa ada ancaman di laptop saya dari aplikasi BM R*d**, loh yang bener aja? Karena saya gak mau laptop saya terserang virus pastilah saya klik tombol hapus ancaman. Setelah selesai saya lanjutkan blogging lagi. Lalu tiba-tiba, laptop saya mati, huhuhu T, T. Begitulah ceritanya...

Karena saya kurang mengerti mengenai laptop dan lain-lain, saya memanggil ayah saya buat ngecek laptop saya. Setelah ayah saya coba hidupkan beberapa kali tapi tetap tidak mau hidup, ayah saya tanya kenapa bisa seperti ini. Saya ceritakanlah cerita saya di atas tadi. Jadilah saya dimarahin karena saya sembarangan mengklik hapus ancaman tanpa tanya dulu ke ayah saya, lah mana saya tahu, padahal biasanya kalau ada ancaman virus saya klik itu juga gak ada masalah, kenapa sekarang jadi begini? Ternyata, itu karena saya menghapus ancaman virus dari aplikasi sistem laptopnya. Maksudnya apa? Kan BM R*d** itu aplikasi di laptop saya, kalau saya hapus ancaman virus di situ, otomatis file di sistem tentang aplikasi tersebut ikut ke hapus kata ayah saya. Karena menghapus file di sistem, pasti mempengaruhi kerja laptopnya, jadi mati deh. Kata ayah saya udah percuma kalau diperbaikin juga pasti bakalan ke hapus semua filenya karena harus di scan. Apa?? Padahal file file di laptop itu banyak, trus penting penting lagi :'(

Saya belum tahu harus berbuat apa, saya biarin dulu aja laptopnya, mana tahu bisa baik sendiri. Nyatanya setelah saya coba hidupkan beberapa jam kemudian masih belum mau nyala laptopnya. Bagaimana ini? T.T Ayah saya juga kelihatannya kurang peduli, gak ada gitu nyari-nyari cara biar laptopnya bisa sembuh tanpa ngehapus data di dalamnya. Saya harus ngapain?? Sedih banget, saya cuman bisa pasrah sambil berdoa mudahan laptopnya bisa kembali seperti semula tanpa ada yang kehapus filenya :'(

Temen-temen sekalian yang sedang baca tulisan saya ini, bila kalian mengalami hal serupa, saya sarankan buat temen-temen ingatlah pepatah ini baik-baik "malu bertanya sesat di jalan". Jadi kalau ada sesuatu yang kita gak tau itu harus tanya dulu, biar gak menyesal nantinya seperti saya.

Keesokan harinya, setelah ayah saya membongkar laptop saya, diketahuilah penyebab laptop saya tidak mau hidup. Ternyata ada bagian yang berhubungan dengan mesin laptopnya patah. Itulah mengapa laptop saya tidak mau hidup, dan hardware nya untung tidak kenapa-kenapa. Alhamdulillah :D. Virusnya sih memang ada dan sudah di scan di laptop punya ayah saya. Syukur alhamdulillah nya lagi, gak ada file yang terhapus :D, jadi file-file penting saya semuanya selamat :)

Terimakasih banyak Ya Allah :D

Jadi, karena laptopnya yang rusak, saya bisa dapat laptop baru, dan file-file saya selamat! Sungguh besar nikmat Allah! XD


Tidak ada komentar:

Posting Komentar