Tentang Saya

Sabtu, 24 Januari 2015

Pengertian Blog

Apa itu "Blog"????

Blog (singkatan dari Web Log) adalah catatan-catatan pribadi yang disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya. bisa juga berisi kutipan dari sumber lain yang sengaja dipublikasikan kembali dalam satu tempat.


Apa sih kegunaan dari mempunyai Blog?




Dengan memiliki Blog, kita dapat melatih kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi atau hal-hal yang ingin kita sampaikan kepada orang lain. Kita dapat memperoleh banyak ide yang didapat dari berbagai sumber yang memberikan komentar atas tulisan yang kita terbitkan di Blog yang kita buat dan akan menjadi pacuan semangat kita dalam menggali pola pikir yang kreatif dan positif tentang apa yang dapat kita lakukan dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Dapat juga dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis secara online di sela-sela karya tulisan yang diterbitkan. Dengan Blog juga kita dapat memiliki banyak teman dari berbagai daerah dan negara yang terdapat kesamaan kaitannya dengan isi Blog yang kita buat.



Apa perbedaan Blog dengan Website?

Perbedaan blog dan website biasanya dilihat dari sisi:

  1. Kepemilikan
  2. Tampilan
  3. Domain - Hosting
  4. Gaya Bahasa
Blog biasanya dimiliki individu atau perorangan yang hobi menulis yang disebut blogger. Website biasanya dimiliki lembaga atau perusahaan. Namun, banyak juga lembaga/perusahaan memilih jenis blog sebagai situs webnya --dengan menggunakan nama domain sendiri (cutom domain) atau blog selfhosting dengan menggunakan CMS, Wordpress misalnya.

Tampilan blog biasanya lebih simple daripada website. Namun, dengan platform blogger (blogspot.com), tampilan blog bisa lebih bagus dari website. Banyak template blog yang keren dan bagus, layaknya web profesional.

Gaya bahasa blog biasanya personal, gaya ngobrol atau percakapan. Namun, blog yang dimiliki lembaga juga menggunakan gaya bahasa "formal" layaknya website.

Barangkali pembeda utama blog dan website saat ini adalah dari sisi domain hostingnya. Blog itu situs dengan doman dan hosting gratis (free hosting), sedangkan website berbayar (sewa doman dan hosting/server sendiri).


Jenis-jenis Blog apa aja?

Berdasarkan Platform

  1. Free Blog, seperti blogger/blogspot, wordpress, dll.
  2. Self-Hosting Blog, seperti wordpress.org, joomla, drupal, dll.
  3. Citizen Journalism Blog, seperti kompasiana, blogdetik, dll.
Berdasarkan Format Isi (Konten)


  1. Vlog = Video Blogging = Vlogging, yaitu blog dengan konten utama berupa video.
  2. Photoblog. Disingkat Phlog yaitu blog dengan konten utama foto.
  3. Audioblog. Blog berisi rekaman vokal atau suara sebagai konten utama, misalnya Podcast dan MP3blog atau musicblog, yang memungkinakan file musiknya bisa di-download.
  4. Microblog, yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan LinkedIn. Namun, Facebok saat ini memungkinkan Facebooker menulis status panjang, plus fasilitas Facebook Note.
  5. Niche Blog, blog dengan tema khusus atau berisi topik tertentu, misalnya blog kesehatan, blog politik, dll.
  6. General Blog, blog yang berisi berbagai macam topik, tidak khusus tema tertentu.

Berdasarkan Tema

Jenis blog berdasarkan tema sangatlah banyak, mulai dari:

  1. Blog pribadi (berisi curhat atau catatan pribadi)
  2. Blog politik
  3. Blog kesehatan
  4. Blog mode (fashion blog)
  5. Blog agama
  6. Blog bisnis (toko online)
  7. Blog "asal ada" (dibuat tapi 'gak diupdate-update!).
Ada juga jenis blog lain yang menjadi "common enemy" blogger, yaitu Blog Pengganggu (Spam blog). Blog ini hanya berisi tulisan yang "menipu" untuk kepentingan PageRank. Bloggernya sering "blogwalking" untuk berkomentar dengan meninggalkan link aktif atau link hidup (live link).

Inilah post pertama saya tentang sebuah Blog, semoga siapa pun yang membaca tulisan saya ini dapat mengerti apa yang saya tulis dan bisa mengambil pelajaran.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar